Rabu, 28 November 2012

Armature (Luminaire)


Armature (luminaire) dimaksudkan untuk mengontrol distribusi cahaya dari sebuah lampu dan juga melindungi lampu serta penyambungan rangkaian ke sumber.

Klasifikasi armatur lampu dapat dibagi menurut beberapa cara, yaitu :
1.      Berdasarkan sifat penerangannya
a.       Penerangan langsung
Efisiensi penerangan langsung sangat baik. Cahaya yang dipancarkan sumber cahaya seluruhnya diarahkan ke bidang yang harus diberi penerangan; langit-langit hampir tidak ikut berperan. Akan tetapi sistem penerangan ini menimbulkan bayang-bayang yang tajam. Keberatan ini dapat dikurangi dengan menggunakan sumber-sumber cahaya bentuk tabung (lampu TL). Kalau digunakan penerangan langsung, harus diusahakan supaya cahayanya tidak langsung mengenai mata. Penerangan langsung terutama digunakan di ruangan-ruangan yang tinggi, misalnya di bengkel dan pabrik, dan untuk penerangan luar. Contoh : armatur pancaran lebar, armatur pancaran terbatas, armatur palung, armatur rok, armatur kedap air, armatur dinding (tidak ditanam), armatur langit-langit (ditanam), dan lain-lain.
b.      Terutama penerangan langsung
Efisiensi penerangan yang sebagian besar langsung ini juga cukup baik dibandingkan penerangan langsung, pembentukan bayang-bayang dan kilaunya agak kurang. Sejumlah kecil cahaya dipancarkan ke atas; karena itu kesan mengenai ukuran ruangannya menjadi lebih baik. Seolah-olah langit-langitnya lebih tinggi. Sistem penerangan ini digunakan di gedung-gedung ibadah, untuk tangga dalam rumah, gang dan sebagainya. Contoh : armatur dengan pelindung dari kawat baja belapis seng.
c.       Penerangan difus
Efisiensi penerangan difus lebih rendah daripada efisiensi kedua sistem yang telah dibahas diatas. Sebagian dari cahaya sumber-sumber cahaya sekarang diarahkan ke dinding dan langit-langit. Pembentukan bayang-bayang dan kilaunya banyak berkurang. Penerangan difus digunakan di ruangan-ruangan kantor dan di tempat-tempat kerja.  Contoh : armatur balon, armatur gantung memakai pipa.
d.      Terutama penerangan tak langsung
Bayang-bayang dan kilau yang timbul pada sistem penerangan ini hanya sedikit. Sebagian besar dari cahaya sumber-sumber cahaya sekarang diarahkan ke atas. Karena itu langit-langit dan dinding-dinding ruangan harus diberi warna terang. Penerangan sebagian besar tak langsung digunakan di rumah-rumah sakit, di ruangan baca, toko-toko dan di ruang tamu. Contoh : armatur dinding, armatur gantung berbentuk gelang.
e.       Penerangan tak langsung
Pada sistem penerangan tak langsung cahayanya dipantulkan oleh langit-langit dan dinding-dinding. Warna langit-langit dan dinding-dinding ini harus terang. Bayang-bayang hampir tidak ada lagi. Penerangan tak langsung antara lain digunakan di ruangan-ruangan untuk membaca, menulis dan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan halus lainnya.

2.      Berdasarkan konstruksinya
a.       Armatur biasa
b.      Armatur kedap tetesan air
c.       Armatur kedap air
d.      Armatur kedap letupan debu
e.       Armatur kedap letusan gas

3.      Berdasarkan penggunaaanya
a.       Armatur untuk penerangan dalam
Berbagai jenis dan bentuk armature untuk penerangan dalam (kantor) diantaranya adalah :
1)   Armatur Tipe TBS 300
Armatur dengan kode TBS 300 digunakan untuk penerangan dalam dkantor-kantor dan gedung-gedung pertemuan. Bentuknya sangat dekoratif daterdiri dari berbagai model. Lampu yang dipakai adalah TL 40 watt, TLD 3wattTLDHF 18-36 wattRumah lampu ini terbuat dari galvanises sheet steelReflektor terbuat dari glass-fibre reinforced polyesterDisamping itu armatur ini dilengkapi cermin. Adapun bentuk konstruksi armatir tipTBS 300 dapat dilihagambar berikut.
Gambar 1. Konstruksi Armatur Tipe TB300(Philips 1988 : 160)

2)   Armatur Tipe TCS
Armatur tipe TCS dapat digunakan untuk kantor dengan lampu TLDTLDHF (lampu TL hemat energi dengan ballast elektronik) dengan bermacammacam daya. Rumah armatur terbuat dari glass-fibre reinforced polyesterReflektor  terbua dar baha white  glass-fibr reinforced  polyester Adapun bentuk konstruksi armatur ini dapat dilihat dari gambar.
Gambar 2. Konstruksi Armatur Tipe TC(Philips 1988 : 203)

3)   Armatur Tipe TCW
Armatur tipe ini juga digunakan untuk penerangan dalam di industriindustri Lampu  yang  digunakan  pada  armatur  adalah  TLD Rumah-rumah armatur terbuat dari glass fibrreinforced pressed polyester. Konstruksi armatur dapat dilihat seperti gambar.
Gambar 3. Konstruksi Armatur Tipe TC(Philips 1988 ; 233)

4)   Armatur Tipe SDK
Armatur ini umumnya digunakan untuk penerangan dalam di industriindustri. Bentuknya hampir sama dengan armatur tipe MDK dan HDK. Lampu yang dipakai pada armatur ini adalalampu sodium dan lampu mercury.
Rumahnya terbuat dari bahan phenal formaldehyde, reflektor armatur dar vitrou enamelled.  Bentuk  konstruksi  armatu ini  dapa dilihat  sepertgambar.
Gambar 4. Konstruksi Armaur Tipe SDK 900 (Philips)

b.      Armatur untuk penerangan luar
Berbagai bentuk dan jenis konstruksi armature untuk penerangan luar (outdoor) dijelaskan seperti berikut.
1)   Armatur Jenis XRC
Armatur dengan kode XRC digunakan untuk penerangan jalan, lingkungan  pemukiman.  Lampu  yang  dapat  dipasang  pada  armatur  jeni ini adalah lampu sodium tekanan rendah (SOX) lengkap dengan ballast, kapasitor dan ignitor.
Tutup lampu terbuat dari bahan methacrylate bening. Reflektor terbuat dari anodised aluminium murni. Bagian luar terbuat dari stainless steel dan aluminium. Untuk lebijelasnya konstruksi jenis XRC dapat dilihat sepertgambar.
2)   Armatur Jenis HRC & SRC
Armatur jenis HRC dan SRC dapat digunakan untuk penerangan jalan dan penerangan pusat perdagangan. Pada armatur HRC dapat dipasang lampu mercurvapour flouresent (HPLN) lengkap dengan ballast dan kapasitor. Jenis SRC dapat dipakai lampu sodium tekanan tinggi sampai 400 Watt.
Rumah lampu ini sangat ringan terbuat dari bahan glass-fibre-reinforced berwarna kelabu muda. Penutup lampu terbuat dari bahan methacrilate beningReflekto dar bahan  luar  terbuat  dar bahan  stainles stee dan  aluminiumBentuk konstruksi armatur HRC dan SRC seperti gambar.
Gambar 5. Konstruksi Armatur HRC dan SR(Philips 1988 : 287)

3)   Armatur Jenis TRC
Armatur TRC digunakan untuk penerangan jalan di lingkungan pemukiman dan dapat dipakai lampu flouresent (TLD) 2 buah. Penutup lampu terbuat dari fibre-glass-reinforced   yang ringan. Penutup lampu terbuat darmethacrylate bening dan bahan logam bagian luar terbuat dari stainless steel.
4)   Armatur Jenis HDC
Armatur jenis ini digunakan untuk penerangan jalan yang dipasang dtengah-tengah  jalan  secar menggantung Dapat  dipakai  lampu  mercury  dan lampu sodium tekanan tinggi. Rumah lampu terbuat dari bahan polyester warna hitam. Tutup terbuat dari bahan acrylic prismatic. Gasket antara housing datutup untuk menjaga agar kedap debu dan air hujan.
5)   Armatur Jenis QVF
Armatur jenis QVF dapat digunakan untuk penerangan olahraga, papareklame, penyorotan patung-patung, monumen, tempat parkir, pekerjaakonstruksi dan lampu sorot gedung. Lampu yang dipakai adalah lampu halogen dengan daya 300 W, 500W, 1000W dan 1500 W.
Konstruksi armatur terbuat dari bahan aluminium cetak kualitas tinggyang sangat tahan terhadakaratKaca depaterbuat dari bahakhusus yang tahan terhadap panas dan benturan. Adapun konstruksi armatur ini adalah :
Gambar 6. Armatur Jenis QV(Philips 1996 : 54)
6)   Armatur Jenis MVF
Armatur  jenis  MVF  digunakan  untuk  penerangan  olahraga,  stadion, lampu sorot bangunan, dan penerangan pelabuhan. Lampu yang dipakai adalalampu sodium dan lampu meral halide (SON-T/ HPI-T).
Konstruksi lampu terbuat dari aluminium cetak murni. Reflektor dari aluminium dengan khusu. Adapun bentuk konstruksi armature jenis MVF adalah :
Gambar 7. Armatur Jenis MV(Philips 1996 : 55)

7)   Armatur Jenis HNF / MNF
Armatur lampu sorot jenis HNF dan MNF dipakai untuk penerangan olahraga, penerangan papareklame, lampu sorot bangunan, penerangan tempattempat  umum  dan  persimpangan  jalan.  Pancaran  lampu  ini  terbag atas  dua bagian yaitu narrow beam (pancaran sempit) dapancaran lebar ( wide beam).
Rumah lampu dan tutup lampu bagian belakang terbuat dari aluminiumReflektor terbuat dari aluminium kualitas tinggi. Pada umumnya semua jenilampu sorot terbuat dari bahan aluminium dengan kualitas tinggi, karena armatur jenis ini harus tahan terhadap perubahan cuaca. Untuk lebijelasnya konstruksi armatur jenis HNF dan MNF lihat gambar berikut.
Gambar 8. Armatur Jenis HNF dan MNF (Philips 1988 : 327)
8)   Armatur Jenis HGC
Armatur ini digunakan untuk lampu taman berbentuk bolloard yang dirancang untuk lampu-lampu SLlampu pijar. Lampu taman jenis ini terdiri dartigkomponen utamyaitu rumah komponen, tutulampu dan tutup atas.
Rumah komponen dan tutup atas terbuat dari bahan fiber glass anti pecah yang dilapisi anti karat. Tutup lampu terbuat dari polycarbonate bening yang tahan terhadap benturan dan radiasi ultravioled serta dilengkapi dengan louvre aluminium sebagai pencegah silau.
Untuk menjadikan lampu ini kedap air hujan dan kedap debu, maka digunakan sealing riang pada baut pengancing dan silicane seal diantara tutup atas dan cube.
c.       Armatur penerangan industri
d.      Armatur penerangan dekorasi
e.       Armatur yang ditanam di dinding atau langit-langit
f.       Armatur yang tidak ditanam di dinding atau langit-langit

4.      Berdasarkan bentuknya
a.       Armatur balon
b.      Armatur pinggang
c.       Armatur rok

Gambar 9. Armatur rok
d.      Armatur gelang
e.       Armatur pancaran lebar
Gambar 10. Armatur pancaran lebar
f.       Armatur pancaran terbatas
Gambar 11. Armatur pancaran terbatas
g.      Armatur kandil
h.      Armatur palung
Gambar 12. Armatur palung
i.        Dan lain-lain

5.      Berdasarkan cara pemasangannya
a.       Armatur langit-langit
b.      Armatur dinding
c.       Armatur gantung
d.      Armatur gantung memakai pipa
e.       Armatur gantung memakai kabel
f.       Armatur berdiri


Tambah pengetahuan di freetoeducation.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Choose Your Language

Comment