Minggu, 24 Juni 2012

Idghaam


    
Idghaam
a.   Idghaam Bi Gunnah
Nun mati (نْ) atau tanwin (ًٌٍ) bertemu dengan salah satu huruf ya’ (ي), mim (م), wau (و), atau nun (ن), maka dibaca dengan cara memasukkan nun bersukun atau tanwin kepada hurud Idghaam Bi Gunnah yang ada dihadapannya sehingga menjadi satu ucapan (seakan-akan satu huruf), kemudian huruf Idghaam Bi Gunnah ditasydidkan, ditahan kira-kira 2 ketukan dan disertai dengan sengau.
b.      Idghaam Bi La Gunnah
Nun mati (نْ) atau tanwin (ًٌٍ) bertemu dengan salah satu dari huruf lam (ل), atau ra (ر), maka dibaca dengan cara memasukkan nun bersukun atau tanwin kepada salah satu huruf tersebut sepenuhnya sehingga menjadi satu ucapan (seakan-akan satu huruf), kemudian huruf Idghaam Bi La Gunnah ditasydidkan, ditahan kira-kira 2 ketukan dan tidak disertai dengan dengung.
c.       Idghaam Mutamatsilain
Apabila dua huruf yang sifat dan makhajnya sama, bertemu (Idghaam Mutamasilain) maka dibaca dengan cara memasukkan huruf pertama kepada huruf kedua dengan mentasydidkan huruf kedua, sehingga menjadi satu huruf dalam pengucapan tidak dalam penulisan.
d.      Idghaam Mutajanisain
Apabila dua huruf yang makhrajnya sama tetapi berbeda sifatnya, bertemu (Idgaam Mutajanisain) maka dibaca dengan cara memasukkan suara huruf pertama kepada huruf kedua dengan mentasydidkan huruf kedua , sehingga menjadi atu huruf dalam pengucapan tidak dalam tulisan. Huruf-huruf yang termasuk Idghaam Mutajanisain adalah ba’ (ب), mim (م), ta’ (ت), tha’ (ط), dal (د), dzal (ذ), zha’ (ظ), tsa (ث).
e.      Idghaam Mutaqaribain
Apabila dua huruf yang makhrajnya berdekatan tetapi sifatnya berbeda, bertemu (Idghaam Mutaqaribain) maka dibaca dengan cara memasukkan huruf pertama kepada huruf kedua dengan mentasydidkan huruf kedua, sehingga menjadi satu huruf dalam pengucapan tidak dalam tulisan.

2 komentar:

  1. Wah.. blog gado2 ni temanya..
    pasang fllag counter atau apa san, biar tau jumlah pengunjungnya berapa

    BalasHapus
  2. Kan pengen biar bisa jln seimbang nal,jd gado2. :D
    Siap,masukan direspons.(pdhl pngunjungny baru dkit nal.Hehhe_)

    BalasHapus

Choose Your Language

Comment